Apasih Terorisme Itu?

Tbomak ayal, lagi-lagi inilah masalah besar yang menjadi PR kita semua sampai saat ini, yaitu masih adanya tindakan terorisme. Kasus satu ini seolah tidak ada habisnya sejak adanya aksi-aksi bom yang terjadi di negeri kita tercinta selama ini. Lalu, munculah pertanyaan seperti ini, apa sih terorisme itu? Hayo apa? Kalimat terorisme itu sendiri berawal dari kata terror yang merupakan asal dari bahasa Latin terrorem, artinya rasa takut yang luar biasa. Terror memiliki kata kerja, terrere yang berarti membuat takut atau menakut-nakuti.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) terror adalah menciptakan ketakutan, kengerian, atau kekejaman oleh seseorang atau golongan. Sedangkan teroris diartikan sebagai orang yang menggunakan kekerasan untuk menimbulkan rasa takut, biasanya untuk tujuan politik. Kata terorisme adalah penggunaan kekerasan untuk menimbulkan ketakutan dalam usaha mencapai satu tujuan tertentu.

Sederhananya, terorisme merupakan suatu bentuk perilaku atau tindakan yang menimbulkan kecemasan atau ketakutan masyarakat banyak demi tujuan tertentu.

Nah teman-teman semakin tahu bahwa terorisme terus mengembang dan meluas serta menggetarkan dunia hingga kini. Kemajuan teknologi komunikasi justru menguatkan bangunan terorisme. Dan terorisme modern itu tak lagi membedakan sasaran militer atau sipil. Pada umumnya, kau teroris berpijak pada suatu ideology yang menjadikan mereka saparatis, anarkisĀ  pemberontak, nasionalis, revolusioner, atau pemeluk aliran yang radikal. Rata-rata mereka terpincuk oleh fanatisme yang kuat. Tetapi apapun dasar pijakannya, sebagai teroris mereka ditandai oleh tindakan kekerasan yang ditujukan kepada penduduk biasa atau non-combating yang tak dipersenjatai dengan sasaran mencapai khalayak yang lebih luas. Dengan cara ini, mereka berharap memperoleh pengaruh politik yang lebih besar, misalnya diakui keberadannya oleh masyarakat dunia.

 

Nama Anda (wajib)

Email Anda (wajib)

Subjek

Pesan Anda